Pages

Selasa, 19 Juni 2012

SIMULASI PEDAGOGI DAN ANDRAGOGI

Pada hari Sabtu lalu, kami membahas tentang andragogi dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan. Setelah itu, kami bekerja dalam kelompok dimana kami haru membuat simulasi untuk mengetahui perbedaan antara pedagogi & andragogi.
Kelompok saya sendiri beranggotakan: Yan Ade, Desi serta saya sendiri. Pada paedagogi kami mengambil setting di sebuah ruang kelas dimana Ade berperan menjadi guru dan saya serta Desi menjadi murid. Disini, diterangkan bahwa Pedagogi lebih berpusat pada guru, dimana guru harus secara aktif memberikan pengetahuan kepada muridnya.


Sedangkan pada andragogi kami mengambil setting di sebuah kursus menjahit dimana Ade berperan menjadi guru kursus dan saya dengan Desi menjadi muridnya. Disini, kami diberikan kebebaan untuk membuat sebuah pola untuk dijahit tanpa harus menuruti keinginan si pengajar. Hal ini berarti, dalam andragogi, murid yang cenderung berusia dewasa diberikan kemandirian untuk leluasa menentukan apa yang ingin dipelajari serta lebih aktif dalam mmenjalankan kegiatannya.


Menurut saya, simulasi seperti ini merupakan cara yang bagus karna selain dapat meningkatkan kreatifita murid juga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik lagi mengenai topik yang dibahas.

1 komentar: